Minggu, 12 Desember 2010

KITA ADALAH SAUDARA




"Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat." ( Al-Hujurat:10)


Ketika saya membuka sebuah website, dan membaca kata perkata dari komentar pembaca, hati ini terasa sedih dan dada terasa sesak tak terasa air mata mulai mengalir.
.
Pada kolom komentar pembaca disitu penuh dengan cacian, makian, kata kotor, sebutan yang tidak baik begitu ringannya ditulis tanpa sedikitpun ada perasaan berdosa.
Tiada peduli bahwa yang dikata-katai itu adalah saudara muslimnya, yang oleh Nabi diharamkan dirusak kehormatannya. 


Dulu, dua bangsa ini Indonesia dan Malaysia sangatlah rukun, penuh persaudaraan. Teringat dulu waktu kecil, saya sering menonton acara titihan muhibah sebuah acara yang disiarkan bersama TVRI dan RTM Malaysia.
Kedua bangsa ini adalah bangsa yang beragama dan mayoritas penduduknya adalah muslim.
Tapi ikatan persaudaraan diantara mereka sedikit demi sedikit mulai sirna terkikis oleh berbagai konflik yang sering terjadi antara kedua bangsa ini.Akankah jalinan persaudaraan yang dulu mesra bisa terjalin kembali.?
"Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim." ( Al Hujurat:11 )

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Janganlah kalian saling memutus tali kekerabatan, saling benci, saling dengki dan jadilah hamba Allah yang bersaudara". (HR. Ahmad )

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Janganlah kalian saling bersaing dalam menawar, jangan saling benci, jangan saling membelakangi, jangan saling hasad, dan janganlah saling menjual atas dagangan sebagian yang lain, jadilah hamba-hamba Allah yang saling bersaudara. Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lain, tidak menzhalimi, tidak menelantarkannya, dan tidak menghinanya. Setiap muslim atas muslim lainnya diharamkan darahnya, - Isma'il menyebutkan dalam haadistnya: - "harta dan kehormatannya, taqwa itu di sini (beliau menunjuk ke dadanya sebanyak tiga kali), cukuplah seorang muslim dinilai buruk jika ia menghina saudaranya sesama muslim." (HR. Ahmad)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Janganlah kalian saling mendengki, saling memfitnah, saling membenci, dan saling memusuhi. Janganlah ada seseorang di antara kalian yang berjual beli sesuatu yang masih dalam penawaran muslim lainnya dan jadilah kalian hamba-hamba Allah yang saling bersaudara. Muslim yang satu dengan muslim yang lainnya adalah bersaudara tidak boleh menyakiti, merendahkan, ataupun menghina. Takwa itu ada di sini (Rasulullah menunjuk dadanya), Beliau mengucapkannya sebanyak tiga kali. Seseorang telah dianggap berbuat jahat apabila ia menghina saudaranya sesama muslim. Muslim yang satu dengan yang Iainnya haram darahnya. hartanya, dan kehormatannya."
"Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada tubuh dan rupa kalian, akan tetapi Allah melihat kepada hati kalian. (seraya mengisyaratkan telunjuknya ke dada beliau). (HR. Muslim)

"Seorang Muslim itu adalah saudaranya orang Muslim lainnya, janganlah ia menganiaya saudaranya itu, jangan pula menyerahkannya - kepada musuh. Barangsiapa memberikan pertolongan pada hajat saudaranya, maka Allah selalu memberikan pertolongan pada hajat orang itu. Dan barangsiapa melapangkan kepada seseorang Muslim akan satu kesusahannya, maka Allah akan melapangkan untuknya satu kesusahan dari sekian banyak kesusahan pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang menutupi cela seseorang Muslim maka Allah akan menutupi celanya pada hari kiamat." (Muttafaq 'alaih)

Suara Persaudaraan - Ukhuwah II

Kala kubaca kisah
tentang perjalanan
dari negeri yang jauh
di balik benuaku
Ingin aku bertemu
dengan kawan baru
yang telah membawa haru
di relung-relung hatiku
kusambut hadirku
Ingin kuungkapkan
dalam hati ini
rasa simpati
beratnya beban di dada
pertahankan cinta
luasnya dunia
indahnya bersaudara
walau tak jua berjumpa
kawan kau kucinta
Akan ada masanya
Allah pertemukan kita
dalam kasih sayangNya yang abadi
mungkinkah hingga di hari akhir nanti

Artikel Terkait Lainnya :



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India