Sabtu, 21 Mei 2011

AHLUL FAJR


Di dunia ini, ada sekelompok orang yang jejak-jejak waktunya diberkahi oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Wajah mereka bersinar, jiwanya lapang, penuh semangat dan optimistis. Tubuhnyapun terlihat lebih sehat. Jika kita termasuk dalam kelompok orang-orang itu, maka bersyukurlah dan pujilah Allah. Akan tetapi bila kita bukan termasuk golongan mereka,  mari segera bergabung  dengan kafilah mereka. Siapakah mereka ?

Mereka disebut Ahlul Fajr atau orang-orang yang bangun dan melakukan sholat subuh berjama’ah di masjid. Mereka orang-orang yang menyambut seruan Allah “Hayya ‘alas shalaah…hayya ‘alal falaah..”, mereka yang tergerak hatinya dengan panggilan Allah subhanahu wa ta’ala, “ash shalaatu khairun minan naum.”
Mereka yang gerak geriknya  di waktu pagi  disaksikan oleh para Malaikat Allah.
“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat). “ (Al Israa’:78)


Merekalah yang mendapatkan cahaya di saat gelap gulita hari akhir seperti dilukiskan  Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang artinya “ Beritakanlah kabar gembira untuk orang-orang  yang berjalan di waktu gelap ke masjid, dengan cahaya sempurna  di hari kiamat. ( HR. Tirmidzi)

Merekalah orang-orang yang mendapatkan do’a dari Rasulullah “Allahummah barik liummatii fii bukuurihaa…(HR. Bukhari dan Muslim)
“Ya Allah, berkahilah ummatku dalam waktu paginya”

Bagaimana rasanya kalau ada hamba Allah yang termasuk dalam do’a Rasulullah saw ?
Mereka ahlul fajr, telah menang dan unggul dan membawa pahala yang sangat besar. Bersyukurlah atas pertolongan  dan kasih sayang Allah swt wahai ahlul fajr, karena kalian memperoleh pahala ibadah yang sulit diperoleh oleh orang lain.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda yang artinya,” Barang siapa yang shalat isya dengan berjamaah maka ia seolah shalat separuh malam. Dan barangsiapa shalat subuh berjamaah, maka ia seperti shalat sepanjang malam.” (HR. Muslim).

Merekalah yang akan mendapat kenikmatan melihat wajah Allah swt, Rasulullah bersabda yang artinya,” Kalian akan melihat Tuhan kalian seperti kalian melihat bulan ini. Jika kalian mampu, janganlah kalian lewatkan  shalat sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya.” Lalu Rasulullah  membaca “wa sabbih bihamdi rabbika qabla thuluu’i syamsi wa qabla qhurubiha.” (QS. Qaf:39)
..dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya).

Artikel Terkait Lainnya :



1 komentar:

hana nur ismail mengatakan...

Subhanallaah ....

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India